Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

Kita mengerti bahwa sayuran adalah bahan makanan yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan. Banyak orang yang menganjurkan kita untuk mengkonsumsi sayur karena di dalamnya terkandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

Tetapi, menurut beberapa informasi, ternyata ada sayuran yang tidak dianjurkan dan lebih baik kita hindari karena tidak ada manfaatnya untuk tubuh kita. Kamu pasti penasaran, sayur apa saja sih yang tidak disarankan untuk dikonsumsi? Perlu kamu pahami bahwa pada dasarnya sayuran itu baik, namun cara pengolahan yang salah akan membuat sayuran itu menjadi tidak baik. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Sayur dijadikan keripik
Kamu pasti sering makan keripik kentang, dan tau gak sih kalau keripik kentang itu tidak termasuk dalam daftar menu sehat? Menurut penelitian, keripik kentang yang digoreng sudah kehilangan sebagian besar nutrisinya dan justru telah membawa kalori yang kurang baik karena diolah dengan cara menggorengnya. Nah, begitu juga dengan sayuran lainnya, seperti keripik bayam, keripik jagung, dan keripik sayur yang lain, semuanya dioleh dengan cara digoreng, dan telah kehilangan banyak nutrisi penting yang ada padanya.

2. Salad sayuran dengan saus creamy
Sebenarnya salad sayuran itu sehat, tapi kalau sudah digabungkan dengan mayonaise maka nilai sehatnya akan berkurang. Kenapa seperti itu? Jumalah kalori dalam mayonaise sudah cukup tinggi sehingga ketika dikonsumsi bersama salad sayuran menjadi tidak seimbang untuk tubuh kita.

3. Memakan jagung bersama nasi
Kalau kamu belum tahu, jagung bukanlah jenis sayuran tapi termasuk dalam gandum-ganduman yang dikenal memiliki nilai karbohidrat tinggi. Karbohidrat pada jagung hampir setara dengan yang ada pada nasi. Itulah sebabnya kenapa tidak disarankan untuk makan nasi bersama dengan jagung karena keduanya mengandung karbohidrat tinggi. Akan lebih baik bila mengkonsumsi jagung sebagai bahan makanan pokok bukan sebagi sayuran yang dimakan bersama dengan nasi.

4. Sayuran yang dikalengkan
Banyak orang yang lebih suka yang instant, misalnya seperti sayuran dalam kaleng karena mudah dikonsumsi dan lebih tahan lama. Perlu kita ketahui bahwa di dalam sayuran kaleng seperti ini banyak terkandung bahan tambahan yang sebenarnya berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa bahan tambahan seperti sodium, pemanis buatan, bahan pengawet, dan lain-lain. tentunya ini bukan makanan yang sehat yang ingin kamu makan.

Popular posts from this blog

Pengertian Kesehatan

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal