Cara Cepat Menurunkan Panas Pada Balita




Panas pada anak merupakan reaksi yang baik dari tubuh anak ketika terkena infeksi. Ini dapat diartikan bahwa sisitem kekebalan tubuh pada anak bekerja dengan baik sehingga mengirimkan sinyal panas dari otak. Sel darah putih yang ada di dalam tubuh akan bekerja untuk menyerang bakteri, virus serta penyebab infeksi yang lain yang telah masuk ke dalam tubuh ketika badan panas. Namun sudah tidak diragukan lagi para orang tua pastinya selalu khawatir bila anaknya jatuh sakit. Biasanya ketika malam hari atau ketika anak bangun tidur akan mulai terasa panasnya. Berikut  ini beberapa solusi untuk menurunkan panas pada anak :

1.   Buatlah agar suasana kamar anak terasa nyaman dan dingin. Anda bisa melakukannya dengan cara mengatur suhu pendingin ruangan agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jadi sesuaikan kondisi dengan suhu yang paling nyaman untuk anak anda.
2.   Berikan anak anda pakaian yang tipis dan juga nyaman tentunya. Cara ini baik dilakukan ketimbang memberikan pakaian yang tebal. Pakaian dapat membantu menurunkan suhu tubuh karena bisa mengeluarkan panas tubuh.
3.   Usahakan jangan menutupi tubuh anak anda dengan menggunakan selimut. Sebab selimut dapat menyebabkan suhu panas tubuh bertahan cukup lama dalam tubuh. Akibatnya aktivitas melawan sumber infeksi menjadi tidak maksimal. Sebaiknya gunakannlah kain yang sangat tipis untuk menutupi tubuh anak.
4.   Atur sirkulasi udara yang keluar masuk ke dalam kamar anak. Hal ini bisa dilakukan bagi anda yang tidak memiliki mesin pendingin ruangan atau AC. Dengan begitu anda bisa memanfaatkan jendela kamar anak anda. Buka jendela kamar pada siang hari supaya udara bisa keluar masuk ke dalam kamar. Udara segar memang akan banyak membantu dalam membuat anak menjadi lebih nyaman. Namun anda harus memperhatikan juga supaya jangan terlalu banyak udara luar yang masuk.
5.   Anda bisa juga memberikan anak anda minuman. Hal ini dilakukan karena panas dalam ytubuh anak akan menyebabkan anak anda mngalami dehidrasi. Dengan demikian rutinlah memberikan cairan kepada anak anda untuk menghindari lebih parah nya dehidrasi yang dialami anak anda.

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan