Gizi Untuk Persiapan Persalinan Dan Persiapan Menyusui




Kendati pertumbuhan organ-organ janin sudah semakin matang, namun kita tetap harus memperhatikan tanda-tanda buruk dari kehamilan. Selain itu, pada akhir masa kehamilan, kita juga perlu mempersiapkan cadangan energi yang cukup.  Selain untuk persalinan, perkembangan janin, juga untuk persiapan menyusui. Semua itu dapat diperoleh dari makanan yang mengandung nutrisi:

1.   Kalori
Pada 20 minggu terakhir kehamilan, kita membutuhkan tambahan kalori ekstra. Untuk memenuhi kebutuhan kalori yang meningkat tersebut, kita dapat memenuhinya dengan mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk padi-padian (nasi, roti), umbi seperti kentang, gula, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu.
2.   Vitamin B6
Untuk menunjang proses tumbuh kembang janin, maka kita membutuhkan vitamin B6. Vitamin ini banyak berperan dalam pembentukan senyawa kimia penghantar pesan antar sel-saraf (neurotransmitter). Sumbernya terdapat pada daging, hati, susu sapi, ikan salmon, alpukat.
3.   Omega 3
Omega 3 merupakan zat gizi yang harus terpenuhi kebutuhannya. Zat gizi ini berperan vital dalam proses tumbuh kembang sel-sel neuron otak untuk bekal kecerdasan bayi yang dilahirkan. Omega 3 sebagian besar (lebih dari 60%) diperlukan sebagai unsur penyusun dinding sel neuron. Bila kekurangan omega 3, maka sel neuron akan menderita kekurangan energi untuk proses tumbuh kembangnya. Beberapa sumber bahan makanan omega 3 adalah minyak sayur, daging, dan telur.
4.   Seng
Seng diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi seng yang cukup, akan menghindarkan kelahiran bayi prematur, dan kelainan bawaan. Selain itu seng juga berperan dalam perkembangan otak janin, terutama pada trimester terakhir. Seng terdapat pada daging sapi, ikan.
5.   Kalsium
Selama masa kehamilan, kalsium senantiasa diperlukan karena menjadi faktor penting dalam pembentukkan tulang dan persendian. Jika kebutuhan kalsium dalam tubuh ibu tidak mencukupi, maka janin akan menyerapnya dari persediaan tubuh ibu. Akibatnya kelak tulang ibu akan cepat keropos. Sumber kalsium dapat diperoleh dalam susu, keju, youghurt, kacang-kacangan, sayur berwarna hijau.
6.   Zat besi
Menjelang proses persalinan, kebutuhan suplai darah merah akan semakin besar. Jadi, kita harus menyuplai kebutuha darah merah tersebut dengan zat besi yang biasa terdapat dalam hati, tiram, kerang, buah pinggang, daging tanpa lemak, ayam/itik dan ikan

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan