Gizi Untuk Pertumbuhan Janin




Pada trimester kedua ini kita mulai dapat menikmati kehamilan. Jika pada bulan-bulan awal kita mengalami morning sickness hingga tidak doyan makan, maka di bulan-bulan ini kita sudah dapat kembali menikmati makanan. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan janin, maka umumnya berat badan kita pun akan meningkat cepat. Asupan gizi tetap perlu diperhatikan, karena ini berkaitan dengan kecerdasan janin, yaitu pada saat usia janin 15-20 minggu, otaknya akan mengalami pertumbuhan yang pesat. Jadi, gizi untuk janin tetap harus mendapat perhatian ekstra, yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi:

1.   Kalori
Saat usia kehamilan sudah mencapai trimester kedua, tubuh memerlukan kalori sebanyak 300 kalori per hari dibanding saat tidak hamil. Tambahan kalori tersebut selain berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta plasenta, juga berfungsi untuk perkembangan jaringan payudara, cadangan lemak, serta untuk perubahan metabolisme yang terjadi. Penuhi kalori dalam tubuh kita dengan mengkonsumsi nasi, roti, sereal, dan mie.
2.   Protein
Saat usia ini, janin mengalami pembentukan berbagai unsur organ, seperti tulang dan otot, serta sistem kekebalan tubuh dan sel-sel darah merah baru dan kesemuanya itu membutuhkan protein. Kita dapat mendapatkannya di daging merah, jeroan, telur, tempe, tahu, unggas, susu, beserta produk olahannya, kacang-kacangan beserta produk olahannya.
3.   Zat besi
Selain mencegah anemia pada ibu hamil, zat besi juga akan mencukupi persediaan darah saat persalinan. Zat besi berfungsi membentuk sel darah merah sebagai "alat" mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh kita dan janin. Sumber zat besi yang baik bisa didapatkan di daging sapi, daging ayam, hati sapi, ikan bawal, dan udang segar.
4.   Vitamin
Proses metabolisme yang berkaitan dengan pengelihatan, pembentukkan tulang, sistem kekebalan tubuh, serta pembentukkan sistem saraf,  membutuhkan zat gizi berupa vitamin A. kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dengan mengonsumsi daging ayam, telur itik, kangkung, dan wortel.
5.   Kalsium
Kalsium ini diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Sumber makanan yang mengandung kalsium antara lain youghurt, bayam rebus, jeruk, dan roti gandum.

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan