Cara Mengatasi Diare Dan Demam Pada Balita




Yang dimaksud dengan diare adalah buang air besar tidak normal, dalam arti frekuensinya sering, dan bentuk tinja yang cair. Kemungkinan juga si kecil akan demam, muntah, tidak mau makan, dan sakit perut. Hati-hati, diare yang parah bisa menyebabkan dehidrasi, oleh karena itu perlu penanganan segera.
Diare bisa terjadi karena adanya infeksi saluran pencernaan. Faktor pemicunya bisa karena makanan yang dikonsumsi, faktor cuaca, dan kebersihan yang tidak terjaga. Untuk menangani dan mencegah diare adalah dengan:

1.   Selalu menjaga kebersihan.
2.   Ganti cairan yang hilang (diare mengakibatkan anak kehilangan banyak elektrolit dan cairan) dengan minum larutan oralit/gula-garam.
3.   Beri makanan yang rendah serat, lunak dan mudah dicerna.
4.   Jaga suhu makanan.

Selanjutnya demam, dikatakan demam jika suhu tubuh si kecil di atas 37,5°C. ini bisa berarti buah hati kita sedang berusaha melawan infeksi, tapi jika suhu tubuhnya terus meningkat ada kemungkinan dia akan terserang kejang demam. Jadi, usahakan untuk menurunkan suhu tubuhnya.
Demam dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh, kurang oksigen, kejang demam, dan bahkan kerusakan syaraf. Selin itu, jika dalam waktu dua hingga tiga hari demam tidak mau turun, bahkan mulai timbul berck-bercak kemerahan di tubuhnya, segera bawa ke doker. Bisa saja kita perlu waspada adanya ancaman demam berdarah dengue (DBD).
Perhatikan tanda-tanda jika si kecil terserang keang demam: tangan dan kaki menjadi kaku atau bahkan lunglai. Tubuh bergerak-gerak tanpa kendali, bahkan untuk keadaan yang lebih parah, mata mendelik atau terbalik ke atas dan kehilangan kesadaran.
Biasanya kejang demam hanya terjadi beberapa detik, lalu berhenti dan anak kembali seperti biasa. Namun jika ini menyerang si kecil, segera atasi dengan pertolongn pertama untuknya, yaitu:

1.   Longgarkan pakaiannya
2.   Jangan masukkan apapun ke dalam mulutnya dan keluarkan apapun yang ada di mulutnya (misalnya: makanan atau mainan).
3.   Singkirkan barang-barang yang ada di sekitarnya agar tidak melukai dirinya sendiri.
4.   Baringkan pada posisi menyamping agar tidak tersedak.
5.   Usahakan agar suhu tubuhnya segera turun.
6.   Segera bawa ke dokter.

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan