Tips Dan Trik Menenangkan Bayi Kolik




Hingga saat ini belum ada yang tau pasti mengapa bayi mengalami kolik. Namun kolik biasa menyerang bayi yang baru lahir dan bisa berupa gangguan pada daerah perut. Para dokter menganggap bahwa bayi yang mengalami kolik adalah apabila mereka menagis secra tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas. Berikut ini tips dan trik untuk menenangkan bayi kolik adalah dengan:

1.   Mengubah teknik menyusui
Jangan terlalu cepat mengganti payudara. Agar bayi kita mendapatkan bagian ASI yang penuh lemak, dan tidak hanya kepala susu (ASI rendah lemak) saja.
2.   Memberi pijatan lembut
Gunakan minyak telon agar perut bayi tetap hangat. Buat gerakan searah jarum jam dengan tekanan yang ringan tapi konsisten di bagian perut bayi.
3.   Mendekap dan memeluk si kecil
Dengan memeluk dan mendekapnya maka tubuh kita akan mengalirkan hangat ke dalam perutnya sehingga akan membantu angin dalam perut keluar. Selain itu bisa juga menggendong bayi dalam posisi terlungkup dengan kepala terletak pada siku dan tangan kita. Tekanan lengan kita pada perutnya akan membantu mengeluarkan angin yang terperangkap tadi.
4.   Memeriksa makanan yang kita konsumsi (jika kita menyusui)
Apa yang kita makan dapat dirasakan bayi melalui ASI. Makanan yang "keras" seperti kafein, coklat, cabai, bawang putih, bisa menyebabkan perut tidak nyaman.
5.   Membaringkan bayi di atas dada kita
Biarkan dia mendengarkan detak jantung dan keteraturan napas kita. Ini biasanya akan membuat bayi menjadi lebih tenang.
6.   Memeriksa susu formula yang dikonsumsinya
Bisa jadi susu formulanya menyebabkan mual atau bahkan menimbulkan alergi ringan. Oleh karena itu konsultasikan pada dokter anak langganan, susu formula apa yang cocok bagi bayi kita.
7.   Jangan panik
Kolik tidak akan menyebabkan muntah atau demam tinggi, tapi jika gejala ini muncul terus kita harus segera menghubungi dokter, karena ada kemungkinan virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh bayi.

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan