Gizi Untuk Pembentukan Otak Janin




Pada trimester pertama ini, pertumbuhan janin masih belum begitu cepat, jadi kebutuhan gizi kita sebagai wanita hamil masih sama dengan yang dibutuhkan seorang wanita dewasa pada umumnya. Hanya saja asupan gizinya harus tetap diperhatikan, karena kekurangan nutrisi tertentu bisa saja akan berakibat fatal pada janin. Jadi, kita harus memenuhi gizi bayi dengan kandungan nutrisi:

1.   Kalori
Saat usia kehamilan masih awal, tubuh membutuhkan tambahan 285 kalori setiap hari dibandingkan dengan sebelum hamil. Kalori tersebut dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel baru, pembentukan enzim dan hormon yang mengatur pertumbuhan janin, serta mengalirkan makanan dari pembuluh darah ibu menuju pembuluh darah janin dengan perantaraan plasenta. Ubahlah pola makan kita menjadi pola makan yang sehat dengan menghindari junk food. Bila kita merasa lapar, tapi tidak punya waktu, hindari makan makanan olahan. Makannlah kudapan bergizi yang memiliki banyak kalori. Seperti: Pizza dengan salad, biskuit berbumbu dengan keju, segelas susu rendah lemak dan sepotong buah atau bolu wortel, buah segar, kentang bakar dengan keju parut, dan sereal dengan tambahan buah-buahan.
2.   Protein
Protein sangat penting untuk pertumbuhan janin dan plasenta, juga untuk memenuhi kebutuhan suplai darah merah serta untuk membangun sel-sel janin dan mengatur hormon. Tambahan protein yang dibutuhkan setiap hari adalah 60gr atau 12gr, lebih banyak dibandingkan wanita dewasa tak hamil. Protein dapat diperoleh dari bahan makanan seperti daging, keju, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe.
3.   Vitamin
Vitamin dibutuhkan untuk membentuk protein dari asam amino, darah merah, saraf otak, dan otot-otot tubuh. Lalu, agar berbagai sel tubuh janin yang telah terbentuk berfungsi normal, tubuhnya butuhkan vitamin B12. Vitamin ini berfungsi menjaga kerja sel-sel sumsum tulang belakang, sistem saraf, dan saluran pencernaan. Vitamin ini diperoleh dari adalah hasil ternak dan produk olahannya, serta produk olahan kacang kedelai, misalnya tempe dan tahu. Sedangkan untuk memperbaiki penyerapan kalsium (Ca) dan membantu keseimbangan mineral di dalam darah, janin membutuhkan vitamin D yang bisa didapat pada ikan salmon, ikan hering, dan susu.

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan