Gizi Untuk Pembentukan Otak Janin Bagian 2




Melanjutkan postingan sebelumnya yakni gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil guna untuk pembentukkan otak janin, yakni sebagai berikut :

4.   Asam folat
Folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang penting dikondumdi ibu hamil. Makanan yang mengandung folat dapat menurunkan resiko cacat lahir yang serius pada otak ataupun sumsum tulang belakang. Folat juga berperan penting selama kehamilan untuk perkembangan sel-sel darah merah. Kita bisa mendapatkan folat dari sayuran hijau seperti brokoli, daun selada, bayam, kembang kol, hati sapi, kacang-kacangan, serta buah-buahan segar seperti alpukat, pisang dan jeruk.
5.   Asam lemak tak jenuh
Asam lemak tak jenuh dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak dan retina mata pada janin. Dan ini biasa diperoleh dalam ikan tenggiri, ikan kembung, ikan tuna, dan ikan tongkol.
6.   Zat besi dan seng
Fakta menunjukkan, hampir 70% ibu hmil di Indonesia menderita anemia. Jadi, sejak mengetahui bahwa diri ini hamil, ada baiknya mulai memenuhi kebutuhan zat besi yang cukup dan terhindar dari anemia. Sedangkan Seng dibutuhkan bagi sistem imunologi (kekebalan) tubuh, baik untuk janin ataupun ibu hamil. Beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi dan seng antara lain; daging merah, kerang, ikan berlemak (seperti ikan sarden kalengan), seral diperkaya dengan zat besi, biji-bijian, kacang-kacangan, labu merah, dan sayuran berdaun hijau. Jika kita ingin meminum zat besi tambahan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter supaya tidak berlebihan.
7.   Serat
Selama usia kehamilan, serat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Serat dapat membentu sistem kerja pencernaan dan mencegah sembelit dan banyak dijumpai pada buah-buahan dan sayur.

Itulah tadi beberapa gizi yang harus dipenuhi seorang ibu hamil dalam proses pembentukan otak janin pada trimester pertama proses kehamilan. Dimana beberapa gizi tersebut hendaknya dipenuhi guna menjadikan bayi yang sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang bisa saja datang. Dengan kekurangan gizi tentunya akan berdampak sangat buruk bagi janin itu sendiri, tentunya semua ibu tidak akan membiarkan bayi yang ada dalam kandungannya mengalami kekurangan gizi.

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan