Lakukan Ini (Do) Dan Jangan Lakukan Itu (Don't) Saat Hamil




Saat hamil, teryata banyak hal yang harus di lakukan dan harus dihindari. Bagi kita yang baru pertama kali hamil, tentunya banyak hal yang patut diperhatukan supaya kesehatan kita dan si kecil tetap terjaga sampai kelahirannya nanti.

Do:
1.   Makanlah makanan sehat
Menu makanan bagi ibu hamil harus kaya dengan makanan pembangun otak. Makanan yang kurang bergizi dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak bayi. Oleh karena itu makanan yang dikonsumsi ibu hamil haruslah bervariatif dan mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayuran, buah-buahan, serta susu. Ingat bahwa sayur dan buah banyak mengandung antioksidan. Antioksidan inilah yang akan melindungi jaringan otak bayi dari kemungkinan terjadinya kerusakan. Selain itu, makan kacang-kacangan yang mengandung asam folat juga bisa mencegah terjadinya cacat saraf bayi.
2.   Olahraga
Meskipun olahraga terkesan berat bagi ibu hamil, namun pilihlah olahraga ringan yang bisa dilakukan di pagi hari atau disaat senggang. Seperti jalan-jalan pagi atau mengikuti program senam ibu hamil di sebuah rumah sakit. Olahraga simpel, hanya dengan berjalan-jalan sangat baik untuk ibu hamil. Jadi sering-seringlah berjalan kaki. Sedangkan bagi kita yang mungkin bekerja dan aktivitasnya banyak duduk, perbayaklah jalan-jalan kecil di sekitar ruang kerja kita.

Don't:
1.   Naik pesawat terbang
Jika ingin naik pesawat terbang sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Beberapa perusahaan penerbangan ada yang tidak mengijinkan wanita hamil di atas 32 minggu menjadi penumpangnya. Terutama jika perjalanannya membutuhkan waktu yang sangat lama, misal 12-22 jam.  Dalam penerbangan seperti ini, posisi penumpang hanya duduk dan inilah yang memperbesar resiko pendarahan, ketuban pecah dan kontraksi. Ditambah lagi perubahan tekanan dalam pesawat bisa ikut merangsang kontraksi, sehingga memungkinkan mempercepat persalinan.
2.   Lingkungan yang berbahaya
Lingkungan berbahaya adalah lingkungan tidak sehat dan tidak mendukung perkembangan tubuh kita dan janin. Misalnya wilayah dengan radiasi kuat, pabrik kimia, juga produk-produk rumah tangga yang mengandung bahan kimia, seperti pestisida. Jadi sebisa mingkin, hindarilah lingkungan dan benda-benda seperti itu.

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan