Cara Mengatasi Morning Sickness




Jangan kaget, jika di awal-awal kehamilan atau pada trimester pertama, kita akan sering mengalami morning sickness. Ditandai dengan badan lemas, pusing, dan mual bahkan sampai muntah di pagi hari atau sepanjang hari. "Mabuk pagi" ini bersifat individual dan gejala itu biasanya dialami oleh 50 - 90% wanita. Namun gara-gara moring sickness ibu hamil biasanya (tidak sengaja) mengabaikan kebutuhan gizi. Jadi jangan sampai hal ini terjadi pada kita dan janin, yaitu mencoba mengatasi dan menikmatinya dengan cara:

1.   Ubah pola makan dari porsi besar menjadi kecil, dan dengan frekuensi yang lebih sering.
2.   Hindari jenis makanan yang merangsang keinginan muntah, yaitu makanan berlemak, berminyak, pedas, dan mengandung banyak santan (karena dapat membuat lambung bekerja lebih berat).
3.   Hindari makan makanan yang membuat perut kembung. Seperti semangka, kangkung, bayam, pepaya.
4.   Pilih makanan yang bertekstur lunak agar lebih mudah dicerna tubuh, contohnya biskuit marie.
5.   Sajikan makanan dan minuman dalam keadaan hangat.
6.   Jangan lupa untuk selalu sraapan pagi meski dengan porsi sedikit. Jika tidak ada nafsu makan, makanlah biskuit dengan teh hangat.
7.   Makan makanan berkabohidrat tinggi, karena karbohidrat dibutuhkan untuk mengganti energi yang hilang karena mual dan muntah.
8.   Minumlah dengan porsi yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Namun, hindari minumn berkafein dan berkarbonat.
9.   Selalu bangkit pelan-pelan, baik dari posisi duduk maupun berbaring.
10.Kurangi segala aktivitas yang melelahkan. Kita tidak perlu menghentikan semua rutinitas kegiatan kita, hanya mengurangi aktivitsa yang melelahkan saja. Serta jangan lupa untuk istirahat dan relaksasi yang cukup.
11.Usahakan tetap tenang menghadapi segala permasalahan dan perubahan yang sedang terjadi pada tubuh dan hadapi kehamilan dengan bahagia.
12.Jika mual dan muntah sangat hebat, konsultasikan segera pada dokter agar ditemukan solusi yang terbaik.

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan