Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil




1.   Merokok dan asap rokok
Kebiasaan merokok harus dihindari, karena ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin, tetapi meskipun anda tidak merokok, hindari asap rokok sebisa mungkin. Asap dapat masuk ke dalam aliran darah, dan wanita hamil yang sering terkena asap rokok, atau merokok akan melahirkan bayi dengan bera lebih rendah dibanding mereka yang tidak merokok dan terkena asap rokok. Ingatlah, bahwa rokok mengandung karbon monoksida, sianida dan nikotin yang dapat membahayakan janin.
2.   Alkohol
Minuman beralkohol dapat menyebabkan cacat bawaan, terutama jika alkohol diminum dalam jumlah besar. Memang belum terbukti bahwa minuman alkohol dalam jumlah kecil tidak begitu berdampak negatif bagi ibu hamil. Namun, memang lebih baik untuk benar-benar menghindari minuman alkohol. Alkohol dapat menembus plasenta yang masuk dalam sirkulasi darah janin yang akhirnya dapat menimbulkan kecacatan bagi janin.
3.   High heels shoes
Biasanya wnita suka memakai sepatu berhak tinggi (High heels shoes), untuk mendukung penampilan. Namun, saat hamil berat badan kita akan semakin bertambah, akibatnya pusat gravitasi juga berubah. Cara berjalan kita menjadi tidak stabil dan mudah jatuh. Oleh karena itu hindarilah menggunakan high heels saat hamil.
4.   Teh dan kopi
Sebisa mugkin hindarilah kopi dan minuman bersoda yang banyak mengandung kafein. Kadar kafein yang tinggi berhubungan dengan risiko terjadinya keguguran. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi teh dapat mengurangi kandungan zat besi dalam tubuh kita sehingga kadar hemoglobin (Hb)pun juga rendah. Padahal, bagi ibu hamil dan balita harus mempunyai kadar Hb 11g/dL. Bagi ibu hail, rendahnya kadar Hb bisa menganggu proses persalinan dan menyebabkan bayi yang dikandungnya berbobot rendah. Sedangkan bagi balita dan anak-anak, minimnya Hb bisa berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan mereka.
5.   Gula buatan
Gula buatan atau gula sintetis tidak dianjurkan karena dapat memicu terjadinya kanker kandung kemih bagi bayi. Jadi, lebih baik kita mulai waspada menghindari segala makanan atau minuman yang mengandung gula buatan.

Popular posts from this blog

Pengolahan Sayuran yang Harus Dihindari

5 Trik Untuk Menjaga Berat Badan Saat Natal

Pengertian Kesehatan